Selama ini payung besar identik dengan Masjid Nabawi di Madinah. Namun mulai tahun depan Masjdil Haram juga akan dipasang payung. Bahkan ukurannya bisa paling besar di dunia.

Kantor berita Arab News menyebutkan bahwa Masjdil Haram nantinya akan berukuran 53×53 meter. Payung-patung tersebut akan dipasang di halaman masjid dan atap masjdil haram pada tahun depan. Hal ini untuk melindungi para jamaah haji khususnya dari senagat matahari yang panas. Tentu saja adanya payung tersebut akan menambah kenyamanan para peziarah.

Sementara itu atas nama Raja Salman, Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal menyerahkan Ka’bah Kiswah baru (kain hitam) ke penjaga senior Ka’bah Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi. Kiswa terdiri dari 5 bagian; Empat di antaranya menutupi keempat sisi Ka’bah, sedangkan yang kelima digantung sebagai tirai di atas pintu Ka’bah.

Pengerjaan kiswah kali ini telah memakan waktu beberapa bulan dan membutuhkan sejumlah besar logam mulia dan sutra murni. Ada sekitar 170 pengrajin dilibatkan dalam proses yang melewati berbagai tahap sampai Kiswa sudah siap. Kiswa biasanya ditempatkan di Ka’bah pada hari Arafat.

Sumber : Islami.co / Nurul Huda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *