Nabi Muhammad SAW merupakan manusia paling mulia dimuka bumi. Beliau diutus oleh Allah SWT untuk menyebarkan agama Islam. Hingga akhir jaman pun Rasulullah akan selalu dikenang dan pemberi syafaat kepada umat yang Islam. Para sahabat yang sangat cinta dengan Rasulullah selalu ingin dekat dengan Rasulullah  SAW bahkan dari salah satu mereka menyimpan barang-barang peninggalan sang Rasulullah SAW mulai dari janggut, jubah sampai gigi Rasulullah SAW yang jatuh saat perang sahabat simpan, itulah bukti kecintaan sahabat kepada Rasulullah SAW.

Peninggalan Rasulullah, keluarga dan para sahabat kini di simpan di kota Istanbul, Turki. Tidak hanya menyimpan keindahan alam saja namun Turki juga menyimpan banyak sejarah tentang peradaban Islam. Tepatnya di Istana Topkapi yang berdiri megah di Kawasan Kota Tua Istanbul, Turki yang dibangun tahun 1470 Istana ini dibangun pada masa Sultan Mehmet, salah satu pemimpin Dinasti Usmaniyah, dengan luas 700.000 meter persegi. Pada 1924, istana ini diubah fungsi menjadi museum atas permintaan tokoh kenamaan Turki yakni Mustafa Kemal Ataturk.

koleksi istana Topkapi

  1. Tongkat Nabi Musa (as), Tongkat yang bisa berubah menjadi ular besar, memakan ular kecil penyihir Mesir. Ribuan tahun berlalu tapi tongkat beliau masih terjaga baik. Tongkat berwarna coklat kehitaman. Terbuat dari cabang pohon, lurus dengan dua cabang di ujung atasnya.
  2. Serban Nabi Yusuf (as)
  3. Peninggalan Nabi Ibrahim (as)
  4. Telapak kaki Nabi Muhammad (saw)
  5. Pedang Nabi Muhammad (saw) dan para sahabat (ra) termasuk pedang Khalid al-Walid (ra), bakiak, bendera, cambuk, sajadah, tongkat, busur panah, sabuk, stempel, dan berbagai benda lainnya.
  6. Janggut dan gigi Nabi Muhammad (saw)
  7. Pakaian Fatimah az-Zahrah
  8. Kunci-kunci Ka’bah
  9. Talang emas
  10. Kiswah
  11. Pembungkus hajar aswad juga disimpan di ruangan ini.

Di tempat ini juga tersimpan cetakan telapak kaki kanan Nabi Muhammad SAW. Telapak kaki kanan itu tercetak saat peristiwa Mi’raj. Sedangkan telapak kaki kirinya kini tersimpan di Masjid al-Aqsa. Terdapat pula beberapa surat buatan Nabi SAW. Salah satunya surat yang ditujukan kepada Muqawqis (seorang raja dari negeri Mesir). Surat itu ditulis di daun kurma dan ditemukan di Mesir pada 1850.

Peninggalan bersejarah lainnya adalah manuskrip Alquran pertama yang ditulis di atas lembaran kulit binatang. Manuskrip tersebut merupakan lembaran Alquran sebelum disatukan menjadi sebuah kitab utuh. Salah satu yang tersimpan di Topkapi ialah Surat Al-Qadar. Selain itu, masih banyak peninggalan lainnya dari para tokoh yang berjasa dalam perkembangan Islam.

Berkunjung ke Istana Topkapi semakin syahdu karena ada seorang qori yang sedang melantunkan ayat suci al qur’an. Konon kabarnya dulu, bacaan Al-Qur’an dilantunkan tanpa henti selama 24 jam nonstop selama lebih 407 tahun (antara tahun 1517-1924 M).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *